Home Berita UIT sebagai Tuan Rumah MUSCAB HIMPSI Cabang Kediri Raya 2023

UIT sebagai Tuan Rumah MUSCAB HIMPSI Cabang Kediri Raya 2023

76 views
0
SHARE

Komitmen pengurus dan anggota HIMPSI Cabang Kediri Raya untuk melaksanakan Musyawarah Cabang (MUSCAB) HIMPSI Cabang pada tanggal 17 Mei 2023 terlaksana dengan hikmat dan penuh kekeluargaan. Musyawarah Cabang telah diselenggarakan di Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Jalan KH. Wahid Hasyim 62 Kediri, Jawa Timur.

Diawali dengan diskusi psikologi membahas tentang “Intervensi Hipnoterapi pada Gangguan Paranoid” dengan narasumber Nila Ainu Ningrum, M.Psi., Psikolog berlangsung dengan lancar. Audien terdiri dari psikolog se-Karesidenan Kediri, dosen serta tamu undangan baik dari pimpinan rektorat Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, pimpinan Fakultas Dakwah, Ushuludin dan Psikologi, serta mahasiswa psikologi Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

Pukul 13.00 WIB, agenda MUSCAB dimulai. Rangkaian pembukaan MUSCAB berbeda dibanding MUSCAB sebelumnya, sebab sekaligus dalam rangka halal bi halal pada perayaan Idul Fitri 1444 H/ tahun 2023 Masehi. Pembukaan di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian HIMNE Psikologi, dan diakhiri dengan sambutan Wakil Rektor 3 Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Yasin Nur Falah, M.Pd.I.

Seperti pada MUSCAB sebelumnya, HIMPSI Kediri Raya dihadiri oleh tamu undangan istimewa dari HIMPSI Wilayah Jatim, yaitu Bapak Ilham Nur Alfian, M.Psi., Psikolog yang menjabat sebagai ketua HIMPSI Wilayah Jawa Timur. Pada sambutannya, beliau sangat terbuka dan bangga, HIMPSI Kediri Raya tetap berkomitmen menghimpun anggota-angggotanya dan konsisten berperan di tengah-tengah masyarakat serta berupaya keras memfasilitasi kebutuhan anggota-anggotanya. Beliau mempertegas, siapa yang nantinya akan terpilih menjadi ketua, diharapkan dapat mensosialisasikan UU PLP yang telah ada legalitasnya di Indonesia kepada para anggotanya. Jika perlu di Kediri Raya melakukan standardisasi plang pada tempat praktik psikolog, ucap beliau sambil bercanda.

Tidak kalah penting, sambutan dari Ketua HIMPSI Kediri Raya bahwa momentum halal bi halal ini dapat digunakan sebagai bentuk evaluasi bagi diri masing-masing anggota serta dapat mempererat silaturahim antar anggota. Wajah Bahagia dan bangga pun terpancar dari Wakil Rektor 3 Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri dengan diadakannya agenda MUSCAB yang diselenggarakan di Kampus Tribakti dan dihadiri oleh tamu undangan yang luar biasa dari kalangan psikolog.

Pukul 15.00 WIB, sidang MUSCAB HIMPSI cabang Kediri dimulai. Ketua Sidang membacakan Tatib MUSCAB (Sidang Organisasi). Kegiatan MUSCAB yang dilaksanakan dengan penuh kekeluargaan, ternyata terdapat momentum haru ketika Bapak Imron Muzakky, M.Psi., Psikolog menyampaikan laporan pertanggung jawaban selama periode sebelumnya bahwa ada suasana berbeda kali ini yang tidak dihadiri oleh Majelis HIMPSI Wilayah Jawa Timur yakni  Alm. Bapak Drs. Zainal Abidin, M. Si., Psikolog  dan Almh. Ibu Dra. Jennie Chriswatie, Psikolog. Bersama-sama para hadirin berdo’a sejenak untuk para senior di lingkup keilmuan psikologi. Ke depan HIMPSI Kediri Raya diharapkan dapat semakin eksis di tengah-tengah masyarakat dengan program-program unggulannya.

Agenda utama sidang adalah pemilihan ketua HIMPSI Cabang Kediri Raya. Peserta yang memiliki hak suara dalam MUSCAB adalah anggota yang terdaftar di SIK HIMPSI dan status keanggotaannya aktif.

Pada agenda MUSCAB  HIMPSI Cabang Kediri, susunannya adalah pembukaan, pemilihan bakal calon, pernyataan kesediaan bakal calon ketua, pemilihan calon ketua dan diakhiri oleh sambutan ketua terpilih.  Bapak Agus Purnomo, M.Psi, Psikolog sebagai ketua sidang dan Bapak Hanis Ribut Makasara, M.Psi., Psikolog sebagai sekretaris sidang memimpin jalannya sidang dengan baik. Dalam pemilihan bakal calon terpilih 7 orang. Kemudian berdasarkan jumlah tertinggi dari jumlah suara dan pernyataan kesedian menjadi calon ketua, terdapat 3 calon ketua yang bersedia dan 1 bakal calon yang tidak bersedia. Pada putaran kedua, hasil suara diperoleh sebagai berikut:

No Nama Jumlah Suara
1. Beti Malia Rahma Hidayati, M.Psi., Psikolog 12
2. Fatma Puri Sayekti, M.Psi., Psikolog 13
3. Rudi, M.Psi., Psikolog 3

Pembacaan hasil pemungutan suara tampak seru dan menegangkan sebab perolehan suara berbeda sangat tipis. Namun demikian, yang terpilih yakni Fatma Puri Sayekti, M.Psi., Psikolog. Beliau menyampaikan sambutannya dengan ucapan syukur bahwa tidak disangka bahwa akan menjadi ketua HIMPSI Kediri Raya di periode kali ini. Beliau sampaikan bahwa psikolog yang terhimpun di HIMPSI Kediri Raya tergolong banyak, maka diharapkan kerjasama untuk mencapai visi dan misi bersama-sama.