Home Berita Kunjungan Media Massa: Kegiatan kuliah on location yang seru

Kunjungan Media Massa: Kegiatan kuliah on location yang seru

191 views
0
SHARE

Prodi Komunikasi Penyiaran Islam semester 4 berkunjung ke Radar Kediri dengan didampingi oleh Amalia Rosyadi Putri, M.Med.Kom sebagai dosen mata kuliah Manajemen Media Massa dan juga Beti Malia Rahma Hidayati, M.Psi., Psikolog  selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Dakwah, Ushuluddin, dan Psikologi. Rabu (14/06/23).

Dalam kunjungan ini, mahasiswa di pandu langsung oleh bapak Hanis selaku Manajer HRD dan Umum Jawa Pos Radar Kediri. Di awal presentasinya pak Hanis menjelaskan tentang alur pembuatan berita di jawa pos radar kediri, diawali dengan observasi oleh reporter yang kemudian hasil dari informasi berita tersebut diberikan kepada redaktur untuk direvisi. Setelah direvisi oleh redaktur, berita tersebut dikirim ke jawa pos surabaya untuk di cetak menjadi koran. Setelah tercetak dikirim kepada para agen yang kemudian para agen tersebut mengantarkan koran ke tangan pembaca.

Beliau juga mengatakan bahaw Pondok Pesantren Lirboyo itu menjadi salah satu pelanggan setia terbanyak radar kediri untuk wilayah Kediri. Beliau pun juga mengatakan ketika santri libur omset Radar Kediri menjadi turun. Radar Kediri ini memiliki bidang event salah satu eventnya adalah Radar Kediri School Contest, yang mana ini adalah sebuah event terbesar untuk pelajar SMA se-karisidenan Kediri dengan berbagai lomba antara lain lomba fotografi, basket, jurnalistik, cerpen dll.

Di era media digitalisasi saat ini, Radar Kediri sebagai media cetak menjadi rujukan utama dalam mengkroscek kebenaran dengan banyaknya berita yang sedang beredar melalui online. Seiring berkembangnya teknologi agar tidak ditinggalkan pembaca dan pelanggannya Radar Kediri juga melakukan konvergensi media dimana Radar Kediri juga akan mengembangkan podcastnya, radar online, instagram, titok dsb. Imbuh Hanis.

Dosen pengampu manajemen media massa, Amalia Rosyadi Putri, M.Med.Kom mengatakan kuliah on location terdapat mata kuliah media massa , pada materi manajemen media cetak beliau mengadakan kunjungan ke Jawa Pos Radar Kediri dengan tujuan, agar mahasiswa juga langsung mengetahui kondisi dilapangan itu seperti apa, media cetak itu seperti apa. Diakhir acara ada penyerahan sertifikat dari Fakultas Dakwah, Ushuluddin, dan Psikologi untuk Radar Kediri yang di berikan oleh wakil dekan 3 yaitu Beti Malia Rahma Hidayati, M.Psi., Psikolog.

(Fik/KPI)

Photo persiapan pemberangkatan
Photo Bersama setelah acara
Forum diskusi
Penyerahan penghargaan