Home Berita Psikoedukasi Mini oleh Mahasiswa Prodi Psikologi Islam UIT Lirboyo Kediri sebagai...

Psikoedukasi Mini oleh Mahasiswa Prodi Psikologi Islam UIT Lirboyo Kediri sebagai Langkah Awal Menyambut UU Pendidikan dan Layanan Psikologi

176 views
0
SHARE

Kegiatan psikoedukasi mini dilakukan mahasiswa Prodi Psikologi Islam, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, sebagai tugas mata kuliah Psikologi Perkembangan yang diampu oleh dosen Karisma Dewi Puspasari, M.Psi., Psikolog. Mahasiswa melakukan psikoedukasi mini dengan media poster pada mahasiswa dari berbagai Program Studi dan Universitas lain. Tema-tema psikoedukasi yang diusung berhubungan dengan masalah pada perkembangan remaja, perkembangan dewasa, dan perkembangan lansia.

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa Prodi Psikologi Islam dapat melatih keterampilan yang berhubungan dengan intervensi psikologi seperti berkomunikasi, berinteraksi, melakukan presentasi, dan problem solving. Hal ini tidak terlepas dari rencana alur Pendidikan Psikologi yang akan datang sesuai dengan UU PLP (Undang-Undang Pendidikan dan Layanan Psikologi) No 23 tahun 2022, dimana untuk mendapatkan gelar Profesi Psikolog tidak lagi harus menempuh Pendidikan Strata 2, tetapi ditempuh dengan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 yang kemudian dilanjutkan dengan menempuh Pendidikan Profesi Psikolog.

Hal ini tentunya akan membawa perubahan yang cukup signifikan bagi proses Pendidikan Psikologi di Indonesia. Proses dan waktu tempuh untuk menjadi seorang psikolog menjadi lebih singkat, akan tetapi dibutuhkan penguasaan keterampilan dan pengetahuan yang harus sudah dipersiapkan jauh dari jenjang Strata 1 untuk menunjang kemampuan menjadi seorang psikolog. Mata kuliah – mata kuliah dengan capaian akhir yang aplikatif dapat sangat berperan untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuannya sedari dini.

Dengan melakukan psikoedukasi mini ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama perkuliahan. Mahasiswa juga belajar mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menunjang kemampuan dirinya ketika akan melanjutkan pada Pendidikan Profesi Psikologi sehingga kelak mereka menjadi lebih siap dan terampil. Mahasiswa dari berbagai Program Studi dan Universitas yang mengikuti kegiatan ini juga mendapatkan pengetahuan tentang psikologi perkembangan sehingga dapat bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.