Home Berita Pelatihan Alat Tes Psikologi Season 5: WAIS

Pelatihan Alat Tes Psikologi Season 5: WAIS

220 views
0
SHARE

Pusat pengembangan dan layanan psikologi (P3LP) Tribakti kediri memiliki sasaran program pengembangan dalam bidang kajian penelitian dan laboratorium psikologi yang memberikan layanan psikologi kepada yang membutuhkan. Dalam rangka pengembangan keilmuan psikologi bidang asesmen psikodiagnostik, laboratorium dan layanan psikologi P3LP IAIT Kediri memiliki program pelatihan alat tes psikologi yang rutin dilaksanakan setiap dua bulan bagi mahasiswa psikologi. Pada season 5 ini diselenggarakan pelatihan alat tes Weschler Adult Intelligence Scale (WAIS) pada hari Rabu, 28 September 2022, pada jam 10.00-12.00 WIB di gedung Aula Mahrus Aly IAIT Kediri. Diikuti oleh lima puluh lebih peserta baik dari mahasiswa Tribakti maupun dari mahasiswa Universitas lainnya disekitar Kediri Raya. Turut hadir dalam pelatihan alat tes ini, yaitu Pimpinan Fakultas Dakwah dan Pimpinan P3LP.

Koordinator Team Work dari Aslab saat memberikan sambutan mengatakan, bahwa acara ini tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak. Ucapan terima kasih terlebih untuk peserta yang dari luar Kediri memberikan tambahan daya bagi penyelenggara. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Dakwah yaitu Bapak H. Mahfudh, M.Pd.I. dan ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak M. Muchlison, M.Pd.I.

Sebelum narasumber menyampaikan materi, aslab memberikan sajian ice breaking agar peserta tetap rileks ketika pelatihan alat tes berlangsung. Pada pelatihan alat tes kali ini materi dibawakan oleh Ibu Beti Malia Rahma Hidayati, M. Psi., Psikolog. Beliau adalah Ketua Laboratorium dan Layanan Psikologi P3LP IAIT Kediri, Founder BERLIAN Psychology Care, dan Pengurus HIMPSI Kediri Raya.

Pelatihan berjalan dengan lancar, tidak hanya materi disampaikan dengan jelas, namun peserta juga difasilitasi untuk berlatih secara klasikal yang dibantu oleh aslab. WAIS tidak hanya disajikan untuk mendapatkan informasi tentang inteligensi umum, inteligensi verbal, dan inteligensi performance saja, tetapi juga indikasi perbedaan antar inteligensi, prediksi kemunduran mental, dan original inteligensi.

Pada akhir acara peserta diminta untuk memberikan testimoni dari keseluruhan acara pelatihan alat tes. Kesan dan pesan yang disampaikan peserta akan menjadi bahan evaluasi team work untuk agenda serupa berikutnya. “Pemateri menyampaikan materi dengan lancar. Terima kasih atas materi dan pengalaman yang telah diberikan pada hari ini” ungkap Fauzia peserta dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. “Pemateri yang asyik mampu menambah kenyamanan belajar. Kekurangan dari panitia dapat tertutupi karena persiapan yang matang dari pemateri. Sangat baik penyampaian materinya, jadi paham dengan bagaimana WAIS itu dalam administrasi maupun prakteknya” ungkap Munawaroh peserta dari IAIN Kediri.

APS